Minggu, 14 Desember 2014

Pengenalan atau Pengertian Osiloskop

Ilustrasi Osiloskop

Pengenalan atau Pengertian Osiloskop

Osiloskop (Oscilloscope) merupakan alat ukur yang memiliki fungsi memproyeksikan sebuah bentuk sinyal listrik sehingga dapat dilihat serta dipelajari. Osiloskop biasanya dilengkapi dengan tabung sinar katode. Piranti pada pemancar elektron akan memproyeksikan sorotan elektron menuju layar tabung sinar katode, Sorotan elektron akan membekas pada layar. Pada rangkaian khusus di dalam osiloskop akan menyebabkan sorotan bergerak secara berulang-ulang mulai dari kiri ke kanan.  Pengulangan ini akan menyebabkan sebuah bentuk sinyal continue sehingga akan dapat dipelajari.

Daftar harga Oscilloscope
produk osiloskop

Osiloskop (Oscilloscope) biasanya digunakan sebagai alat untuk mengamati sebuah bentuk gelombang yang tepat dari sebuah sinyal listrik. Osiloskop selain mampu menunjukkan sinyal amplitudo,  dapat juga untuk menunjukkan distorsi, antara 2 peristiwa waktu dan juga pada waktu relatif dari 2 sinyal terkait.

Hampir semua alat ukur elektronik akan bekerja berdasarkan sebuah sampel data, semakin tinggi sampel data yang didapat akan semakin akurat peralatan elektronik tersebut. Osiloskop sendiri umumnya mempunyai sampel data yang sangat cukup tinggi, oleh karena itu biasanya osiloskop merupakan alat ukur elektronik yang harganya lumayan mahal.

Gambar Ilustrasi Oscilloscope
Gambar Ilustrasi Osiloskop
Sebagai contoh jika osiloskop mempunyai sebuah sampel rate 10 Ks/s (10 kilo sample/second = 10.000 data / detik), jadi osiloskop akan melakukan sebuah pembacaan sebanyak 10.000kali dalam 1 detik. dan Jika yang diukur merupakan sebuah gelombang yang memiliki frekuensi 2500Hz, jadi pada tiap tiap sampel akan berisi data 1/4 dari sebuah gelombang penuh dan kemudian ditampilkan pada layar dengan grafik skala XY.

Mungkin cukup dulu artikel tentang Pengenalan atau Pengertian Osiloskop. sampai jumpa pada artikel lainnya. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More